Etika Dalam Memposting di Internet

Sebelum kita memposting tulisan kita di internet, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya ialah etika kita dalam memposting.

Berikut ini adalah tata cara memposting di internet yang baik dan benar:

  • Pemilihan judul tulisan, pemilihan judul merupakan hal yang harus kita perhatikan, kita harus membuatnya semenarik mungkin agar para pembaca penasaran dengan isi tulisan yang kita buat dan mau membacanya. Judul juga harus sesuai dengan isi dari tulisan.
  • Menggunakan bahasa yang bisa dimengerti semua orang, dan tata cara penulisannya harus sesuai dengan kaidah EYD. Hal ini sangatlah penting bagi para pembaca, supaya para pembaca bisa mengerti dan memahami isi dari tulisan kita.
  • Jangan bertele-tele dalam menyampaikan isi tulisan
  • Menggunakan bahasa yang sopan, tidak menggunakan kata-kata yang mengandung unsur Pornografi atau SARA
  • Menghargai dan menjunjung tinggi perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dengan menghindari Plagiarisme, Pembajakan, serta selalu mencantumkan sumber setiap kali kita mengutip karya orang lain.
  • Dilarang membuat informasi atau berita yang tidak diketahui kebenarannya/ berita HOAX, pastikan terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin kita buat itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.
  • Bisa saling menghargai dan bisa menerima pendapat orang lain jika ada yang mengkritik tulisan kita. Tidak boleh menyindir, apalagi menghina orang yg mengkritik postingan kita tersebut
  • Tidak melakukan hack pada blog/website orang lain
  • Tidak melakukan spamming

Itulah beberapa tata cara yang harus kita perhatikan ketika kita memposting di Internet. Intinya adalah kita bebas mengekspresikan karya kita di internet, tapi kita harus menjaga etika kita. tidak boleh berlaku seenaknya saja. Karena Internet itu bersifat global, semua orang di dunia ini juga menggunakannya.

SUMBER:

  1. http://www.pikiran-rakyat.com/node/150392
  2. http://ryancileungsi.blogspot.com/2012/10/etika-memposting-di-internet.html

One thought on “Etika Dalam Memposting di Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s