Pengantar Ilmu Sosial Dasar

Hakikat dan ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar merupakan ilmu pengetahuan yang menelaah tentang masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah sosial yang terjadi di indonesia ini. Tujuan dari mempelajari ilmu sosial dasar tersebut adalah untuk membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa, agar mahasiswa tersebut memiliki kepribadian yang arif,  memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas, dan peka terhadap lingkungan sosialnya.

Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar:

  • Individu, keluarga, dan masyarakat
  • Masyarakat kota dan desa
  • Masalah penduduk
  • Pelapisan sosial
  • Pemuda dan sosialisasi
  • Ilmu pengetahuan , teknologi , dan kemiskinan

Ilmu Sosial Dasar sebagai Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat dan Pendidikan Umum

     Dengan mempelajari mata kuliah Ilmu Sosial Dasar, Mahasiswa akan menjadi lebih tanggap dan peka terhadap lingkungan sosialnya. Karena Ilmu Sosial Dasar merupakan program umum yang bersifat mengantar mahasiswa yang memiliki kemampuan personal. Kemampuan personal ada kaitannya dengan kemampuan individu, supaya bisa menempatkan diri sebagai anggota masyarakat yang tidak terpisahkan dari masyarakat itu sendiri.
Program Pendidikan Umum yaitu untuk memperluas wawasan dan pengetahuan mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat memiliki keahlian dalam bidang apapun, tidak sebatas hanya bertumpu pada bidang pengetahuan serta golongan asal masing-masing.

Ilmu Sosial Dasar sebagai alternatif pemecahan masalah Sosial Budaya

Ilmu Sosial Dasar dapat memberikan dasar-dasar tentang pengetahuan sosial dan konsep-konsep budaya kepada mahasiswa, sehingga mampu mengkaji masalah sosial, kemanusiaan, dan budaya di lingkungannya, sehingga akan memperluas pandangan mahasiswa terhadap masalah sosial, kemanusiaan, dan budaya, lalu ia pun juga akan tanggap dan kritis terhadap masalahnya, dan akan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah sosial dan budaya tersebut.

Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar

Pada Ilmu Sosial Dasar, kita diberi pengetahuan bagaimana cara kita hidup bersosialisasi di masyarakat, sehingga kita bisa menepatkan diri sebagai anggota masyarakat tersebut. Serta dapat membantu mengembangkan wawasan pemikiran kita agar lebih luas, sehingga bisa lebih peka dan kritis terhadap masalah-masalah sosial yang ada

Sedangkan Ilmu Budaya Dasar, didalamnya menjelaskan tentang pengetahuan dan nilai-nilai tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah manusia dalam kesehariannya,  sehingga ia harus memperluas wawasan pemikirannya dan mempunyai sikap kritis terhadap nilai-nilai budaya, baik yang ada di lingkungan sekitarnya, maupun yang ada didalam dirinya sendiri.

Jadi, kesimpulannya adalah, Ilmu Sosial Dasar mempelajari tentang kehidupan bersosial, dan bagaimana cara mengatasi masalah sosial dalam bermasyarakat, sedangkan Ilmu Budaya Sosial mempelajari tentang bagaimana sikap kita dan cara memahami nilai-nilai budaya yg ada di lingkungan sekitar kita.

SUMBER :

  1. http://kahfiehudson.blogspot.com/2010/10/ilmu-sosial-dan-budaya-dasar.html
  2. http://stkip.files.wordpress.com/2011/05/isbd.pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s