Keluarga dan Fungsi Keluarga

Definisi Keluarga

Keluarga merupakan kelompok individu yang dipersatukan oleh ikatan-ikatan perkawinan, darah atau adopsi yang membentuk satu rumah tangga, yang saling berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain melalui peran masing-masing sebagai anggota keluarga, serta mempertahankan & menciptakan suatu kebudayaan.
Biasanya dalam satu keluarga terdiri dari kepala keluarga dan beberapa anggota keluarga yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap.

Pengertian Keluarga Inti dan Keluarga Besar

Keluarga Inti ( Nuclear Family ) adalah keluarga yang dibentuk karena adanya ikatan perkawinan yang direncanakan, yang terdiri dari:

  1. Ayah ( Suami ), yang biasa berperan sebagai pemimpin keluarga, pendidik, pelindung sekaligus pemberi rasa aman keluarganya, dan seorang ayah juga mempunyai tugas untuk bekerja dan mencari nafkah demi kelangsungan hidup keluarganya.
  2. Ibu ( Istri ), yang mempunyai peran untuk mengurus rumah tangganya, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya dirumah, disamping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya
  3. Anak ( Anak kandung / Adopsi ), yang mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan dari orang tuanya, supaya menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Keluarga Besar ( Extended Family ) adalah keluarga yang terdiri dari keluarga inti ditambah dengan keluarga yang lain (karena hubungan darah), misalnya kakek, nenek, bibi, paman, sepupu, keponakan, dan saudara-saudara sedarah yang lainnya.

Fungsi Keluarga

  • Fungsi Pendidikan
    Mendidik anaknya untuk bersikap baik, serta menyekolahkannya untuk mempersiapkan kedewasaan dan masa depan anak, supaya kelak anaknya bisa menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa.
  • Fungsi Sosialisasi
    Mempersiapkan anak agar menjadi anggota masyarakat yang baik, bertanggung jawab, dan tidak merugikan orang lain.
  • Fungsi Perlindungan
    Melindungi anak sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman.
  • Fungsi Perasaan
    Memberi rasa kasih sayang, merasakan perasaan dan suasana hati anak dan anggota yang lain dalam berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama anggota keluarga. Sehingga saling pengertian satu sama lain dalam menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga.
  • Fungsi Agama
    Memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga lain supaya taat beragama melalui kepala keluarga. Mengajarkan dan menanamkan rasa keyakinan kepada anggota keluarga, bahwa ada yang mengatur hidup ini, kini dan kehidupan lain setelah dunia, yaitu Tuhan YME.
  • Fungsi Ekonomi
    Bagaimana seorang kepala keluarga mencari penghasilan, mengatur penghasilan sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga.
  • Fungsi Rekreatif
    Menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga, seperti jalan-jalan ke taman hiburan, acara nonton TV bersama, bercerita tentang pengalaman masing-masing, dan lainnya
  • Fungsi Biologis
    Meneruskan keturunan sebagai generasi selanjutnya

SUMBER :

http://www.ut.ac.id/html/suplemen/isip4110/konsep_kel.htm

http://id.wikipedia.org/wiki/Keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s