Perbedaan Masyarakat Kota dan Desa

Perbedaan Masyarakat Kota dan Desa bisa dilihat dari berbagai macam, bisa dilihat dari segi pemikirannya, lingkungan hidup, gaya hidup, dan dari segi budayanya

Masyarakat Pedesaan merupakan sekumpulan orang yang tinggal di daerah pedesaan dan jauh dari kota. Mereka biasa hidup bersama dan saling bergotong-royong untuk menghasilkan sesuatu dan menimbulkan ikatan batin antara satu sama lain, yang mengartikan bahwa mereka merupakan saudara sehingga jika salah satu keluarga ada yang merasa kesulitan, maka masyarakat di lingkungan sekitar siap membantu tanpa pamrih. Masyarakat Pedesaan mempunyai sifat religius, rata-rata mereka masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat-istiadat yang terkandung dalam ajaran leluhurnya.  Masyarakat Pedesaan yang tinggal di daerah pegunungan biasanya memiliki pekerjaan sebagai petani, dan masyarakat desa yang tinggal dengan dengan laut, biasanya mereka memiliki pekerjaan sebagai nelayan. Mereka hidup juga masih secara tradisional, masih kebanyakan dari mereka belum mengerti tentang teknologi yang ada pada jaman sekarang.

Sifat masyarakat perkotaan berbanding terbalik dengan sifat-sifat yang ada pada masyarakat pedesaan.
Kota adalah suatu pemilihan yang cukup besar, padat dan permanen, dihuni oleh orang-orang yang heterogen kedudukan sosialnya, apabila penghuni setempatnya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonominya dipasar. Dari beberapa pendapat secara umum dapat dikatakan mempunyani ciri-ciri mendasar yang sama. Pengertian kota dapat dikenakan pada daerah atau lingkungan komunitas tertentu dengan tingkatan dalam struktur pemerintahan.
Dari segi pemikirannya, masyarakat kota jauh mempunyai pemikiran yang lebih jauh ke depan tentang hidupnya. mereka lebih memikirkan tentang bagaimana hidup mereka ke depan. Dilihat dari kehidupannya, masyarakat kota biasanya bersifat individualisme, mereka masih memikirkan kepentingannya masing-masing, mereka lebih cenderung menghabiskan waktu mereka di tempat kerja mereka. jadi mereka kurang melakukan soaialisasi dengan masyarakat sekitarnya. Kehidupan mereka juga sudah terpengaruh oleh budaya barat, sehingga dari cara berpakaian, tingkah laku, ucapan mereka sudah banyak yang menyimpang dengan budaya leluhur mereka. dan kalo dilihat dari segi keagamaan, masyarakat kota cenderung kurang religius, karena mereka terkadang masih ada yang suka melalaikan kewajibannya sebagai orang yang beragama demi pekerjaannya.

SUMBER :

http://riyana-anis91.blogspot.com/2011/11/perbedaan-kehidupan-sosial-antara.html

http://vicamaharani.blogspot.com/2010/11/perbedaan-masyarakat-kota-dan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s