New Media

Definisi New Media

New Media merupakan sebuah sarana / media perantara baru. Dikatatakan baru dalam arti disini bisa dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media adalah perkembangan baru (yang dikembangkan oleh manusia) dari media-media yang telah digunakan manusia. New media dikatakan sebagai perantara karena dapat digunakan manusia untuk melakukan berbagai aktifitas. Mulai dari sebagai sarana pendidikan, berkomunikasi, sarana hiburan, dan sebagainya. New Media juga dapat memberikan informasi kepada manusia secara cepat, karena New Media terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet. Yang pasti New media ini menjadikan segala aktifitas manusia menjadi lebih mudah dan praktis, karena New Media dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Perkembangan internet memberikan banyak manfaat untuk umat manusia. Selain untuk memberikan informasi yang tidak terbatas, internet juga sebagai sarana komunikasi yang canggih. Dengan internet, kita bisa berkomunikasi melewati batas yang ada, entah batas wilayah maupun negara. Salah satu bentuk komunikasi internet ini adalah chatting.

Apa itu chatting? chatting merupakan komunikasi dua arah secara real time dengan menggunakan internet. istilah spesifik untuk chatting adalah komunikasi berbasis teks. Dua orang yang saling mengetikkan teks dan saling membalas teks tersebut. Salah satu software dengan fasilitas itu adalah Yahoo! Messenger. Jika kita ingin menggunakan YM, kita perlu medownloadnya terlebih dahulu. Kita bisa mencari softwarenya di internet, atau langsung mendownloadnya di situs resmi Yahoo!.

Yahoo-Messenger-icon

Yahoo! Messenger

Yahoo! Messenger yang biasa kita kenal Y!M atau YM, adalah program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Apakah YM termasuk New Media? Menurut saya sih iya. Mengapa? Karena sebelum kita mengenal YM, kita hanya bisa mengirim surat atau harus bertemu langsung orangnya jika kita mau berbincang dan berkomunikasi. Namun dengan adanya YM, kita jadi bisa berkomunikasi satu sama lain melalui layar komputer yang terhubung dengan jaringan internet. YM ini harus menggunakan ID yahoo! yang dapat dibuat secara gratis.

Selain untuk chatting-an, YM juga terdapat fitur-fitur lain seperti mengirim file, kita dapat mengirim / mendapatkan file dari lawan bicara kita dan kita dapat membuka langsung file tersebut. Dengan fitur ini kita dapat mengirimkan berbagai file seperti foto, musik, video, dokumen. Namun ada batas maksimal memori untuk pengirimannya. Jika melewati batas tersebut, file tidak dapat dikirim. Lalu ada fitur PC call. Dengan fitur ini, kita bisa saling berteleponan. Namun kita harus memiliki jaringan internet yang stabil. Lalu ada fitur web cam. Kita dapat melihat dan mendengar lawan bicara kita secara langsung lewat laptop / PC kita. Ada juga fitur untuk sms. Kita bisa mengirimkan sms ke telepon selular lewat PC / laptop dengan jaringan internet. Kita tinggal memasukan nomor telepon dan menulis pesan yang ingin kita kirim. Lalu ada fitur untuk bermain games. Pengguna YM juga dapat menggunakan emoticon atau simbol html untuk membuat pembicaraan semakin sempurna, seperti wajah tersenyum, tertawa, berpikir, dan lain-lain untuk menambah daya tarik berkomunikasi.

Yahoo! Messenger selain dapat digunakan di laptop / PC, juga dapat digunakan di handphone, tetapi harus handphone yang mendukung dengan aplikasi ini, seperti smartphone dan gadget seperti tablet / ipad dan sebagainya. Namun fitur yang didapatkan tidak sekomplit fitur YM yang kita gunakan di PC / laptop. Ada kelebihan yang didapatkan jika kita mengakses YM di smartphone atau gadget tablet / ipad, kita jadi bisa berkomunikasi lewat YM dimana saja dan kapan saja.

Namun seiring perkembangan jaman, keberadaan YM sudah mulai kalah tenar dengan keberadaan aplikasi chatting yang namanya sedang nge-trend dijaman sekarang seperti BBM, Line, Kakao Talk, dan sebagainya. Tetapi pasti masih ada juga yang tetap bertahan menggunakan YM karena menyukai fitur-fitur yang terdapat pada YM dibanding dengan aplikasi chat yang lainnya.

SUMBER :
http://www.anneahira.com/yahoo-messenger-9056.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Yahoo!_Messenger
http://bayyuaji.wordpress.com/2012/01/05/definisi-new-media-beserta-manfaat-dan-aplikasinya/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s